KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
KRITERIA PEMILIHAN MEDIA
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DISUSUN OLEH Samman Khair : 1501231491 Muhammad Fadhil Hasan : 1501230462 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ANTASARI BANJARMASIN FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB 2016 |
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahiim
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Yang atas Rahmat-Nya
sehingga kami dapat menyusun makalah yang membahas tentang Kriteria Pemilihan
Media Bahasa Arab. Penulisan makalah ini merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan
tugas mata kuliah “Wasail Tadris Al-Lughah Al-Arabiyah” di jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN
Antasari Banjarmasin.
Penulis juga mengucapkan terima kasih
kepada dosen pembimbing dan kawan-kawan
yang telah banyak membantu kami sehingga dapat menyelesaikan makalah ini.
Semoga makalah ini dapat memberikan
wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan. Seperti kata pepatah “Tak ada gading yang tak retak” begitu pula halnya
dengan pembuatan makalah ini. Untuk itu, kami mohon maaf atas segala kekurangan
atau kesalahan dari makalah ini. Saran dan kritik yang membangun sangat kami
harapkan untuk menjadikan makalah ini menjadi lebih baik lagi. Dan semoga makalah ini dapat bermanfaat
untuk kita semua.
Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin...
Banjarmasin, September 2016
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB 1 PENDAHULUAN 1
A.
Latar Belakang 1
B.
Rumusan Masalah 1
C.
Tujuan Penulisan 1
BAB II PEMBAHASAN 2
A.
Dasar-dasar Pertimbangan
Pemilihan Media 2
B.
Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran Bahasa Arab 4
BAB III PENUTUP 7
DAFTAR PUSTAKA 8
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pendidikan sangatlah penting bagi
manusia. Namun, bahasa juga penting dalam dunia pendidikan. Ada berbagai macam
bahasa, seperti bahasa inggris, bahasa perancis, bahasa Indonesia, bahasa arab
dan lain sebagainya. Bahasa merupakan alat komunikasi kehidupan terutama
manusia sebagai makhluk sosial. Dalam menempuh kepentingan tersebut diperlukan
sebuah media pembelajaran, terutama dibidang pembelajaran bahasa arab demi
tercapainya pembelajaran yang baik.
Dengan mengetahui bahwa pentingnya media pembelajaran dalam bidang kebahasaan
(bahasa arab khususnya). Maka dari itu
makalah ini akan membahas tentang ”Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran Bahasa
Arab”
B.
Rumusan
Masalah
1.
Apa saja
dasar-dasar pertimbangan pemilihan media?
2.
Bagaimana
kriteria pemilihan media
pembelajaran Bahasa Arab?
C.
Tujuan
Penulisan
1.
Mengetahui
dasar-dasar pertimbangan pemilihan media.
2.
Mengetahui
kriteria pemilihan media
pembelajaran Bahasa Arab.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Dasar-dasar
Pertimbangan Pemilihan Media
Pembelajaran yang efektif memerlukan
perencanaan yang baik. Media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran itu
juga memerlukan perencanaan yang baik. Meskipun demikian, kenyataan di lapangan
menunjukkan bahwa seorang guru memilih salah satu media dalam kegiatannya di
kelas atas dasar pertimbangan (a) ia merasa sudah akrab dengan media itu, (b)
ia merasa bahwa media yang dipilihnya dapat menggambarkan dengan lebih baik
daripada dirinya, (c) media yang dipilihnya dapat menarik minat dan perhatian
siswa. Pertimbangan ini dapat memenuhi kebutuhannya dalam mencapai tujuan yang
telah ia tetapkan.[1]
Heinich, dan kawan-kawannya (1982),
mengajukan beberapa pertimbangan pemilihan media pembelajaran yang efektif
dengan istilah ASSURE yakni:
a)
Analyze
learner characteristic, menganalisis karakter umum
kelompok sasaran, apakah mereka siswa sekolah lanjutan atau perguruan tinggi,
anggota organisasi pemuda, perusahaan, usia, jenis kelamin, latar belakang
budaya, dll.
b)
State
objective, menyatakan atau merumuskan tujuan
pembelajaran. Tujuan ini mempengaruhi pemilihan media dan urutan kegiatan.
c)
Select or
modify media, memilih, memodifikasi, atau merancang
dan menentukan materi dan media yang tepat.
d)
Utilize, menggunakan materi dan media.
e)
Require
learner response, meminta tanggapan dari siswa.
Dari segi teori belajar, berbagai
kondisi dan prinsip psikologis yang perlu mendapatkan pertimbangan dalam
pemilihan dan penggunaan media pembelajaran adalah sebagai berikut:
1.
Motivasi. Untuk melahirkan minat siswa, kebutuhan ataupun keinginan itu dengan
memotivasi dari informasi yang terkandung dalam media pembelajaran.
2.
Perbedaan
individual. Siswa belajar dengan cara dan
tingkatan yang berbeda-beda, untuk itu tingkat penyajian informasi melalui
media harus berdasarkan pada tingkat pemahaman.
3.
Tujuan
pembelajaran. Tujuan ini akan menentukan bagian
isi yang harus mendapatkan perhatian pokok dalam media pembelajaran.
4.
Organisasi isi.
Siswa akan memahami dan mengingat lebih lama materi pelajaran dan dapat
mensintesis serta memadukan pengetahuan yang diorganisasikan dengan baik dan
diurutkan secara sistematis.
5.
Persiapan
sebelum belajar. Siswa sebaiknya menguasai secara
baik pelajaran dasar atau memiliki pengalaman yang diperlukan secara memadai
yang menjadi prasyarat untuk penggunaan media dengan sukses.
6.
Emosi. Pembelajaran yang melibatkan emosi dan perasaan pribadi serta
kecakapan, sangat berpengaruh dan lebih lama.
7.
Partisipasi. Agar pembelajaran berlangsung dengan baik, siswa harus menginternalisasi informasi dan
tidak sekedar diberitahukan kepadanya. Oleh karena itu kehadiran media akan
membantu dalam proses pembelajaran.
8.
Umpan
balik. Kemajuan belajar dari hasil belajar yang
secara berkala diinformasikan kepada siswa akan memberikan sumbangan terhadap
motivasi belajar yang berkelanjutan.
9.
Penguatan
(reinforcement). Pembelajaran yang didorong dari
hasil kemajuan belajar akan bermanfaat dalam membangun kepercayaan diri dan
perilaku positif di masa-masa mendatang.
10.
Latihan
dan pengulangan. Agar suatu pengetahuan atau
keterampilan dapat menjadi bagian kompetensi atau kecakapan intelektual,
haruslah sering diulangi dan dilatih dalam berbagai konteks agar dapat tinggal
dalam ingatan jangka panjang.
11.
Penerapan. Hasil belajar yang diinginkan adalah meningkatkan kemampuan seseorang
untuk menerapkan atau mentransfer hasil belajarnya pada masalah atau situasi
baru.[3]
B.
Kriteria
Pemilihan Media
Pembelajaran Bahasa Arab
Media merupakan salah satu sarana untuk
meningkatkan pemahaman siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Karena beragamnya
media yang ada, maka masing-masing juga mempunyai karakteristik yang
berbeda-beda. Untuk itu perlu memilih dengan cermat dan tepat agar dapat
digunakan secara tepat guna.
Pemilihan media pembelajaran harus
mempertimbangkan kondisi dan latar belakang siswa baik pada aspek perkembangan
dan kematangan siswa maupun pada aspek tahapan pembelajaran yang harus diikuti
oleh siswa, maka dalam penetapan atau penentuan media pembelajaran adalah
dengan memperhatikan beberapa kriteria dalam memilih media pembelajaran.
Mengingat begitu banyak media yang dapat
kita gunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab, namun pada dasarnya kita dapat memilihnya dengan
memperhatikan kriterianya yang berkenaan dengan:
1.
Tujuan. Media yang dipilih hendaknya selaras dan menunjang tujuan
pembelajaran yang telah ditetapkan.
2.
Materi. Aspek materi dalam pembelajaran sesuai dengan media yang digunakan.
3.
Sasaran
didik. Pemilihan media pembelajaran harus
memperhatikan kondisi pada sasaran didiknya dari factor umur, intelegensi, karakteristik,
latar belakang pendidikan, budaya dan lingkungan peserta didik.
4.
Ketersediaan. Media yang dipilih adalah praktis, luwes dan bertahan.
Ketersediaannya antara waktu, dana atau sumber daya lainnya untuk memproduksi
media yang akan dipilih. Media yang mahal dan memakan waktu yang lama untuk
memproduksinya bukanlah jaminan sebagai media yang terbaik, melainkan yang
mudah diperoleh dan dapat digunakan di mana pun dan kapan pun dengan peralatan
yang tersedia di sekitarnya.
5.
Guru
terampil menggunakannya. Apapun media itu, guru
harus mampu menggunakannya dalam proses pembelajaran. Nilai dan manfaat media
sangat ditentukan oleh guru yang menggunakannya.
6.
Pengelompokan
sasaran. Media yang dipandang sebagai media yang
efektif belum tentu efektif jika digunakan tidak pada porsinya. Dalam
pengertian, guru harus menyesuaikan
porsi media dengan sasaran peserta didik, ada media untuk jenis kelompok
besar, kelompok sedang dan kelompok kecil.
7.
Mutu
teknis. Pengembangan visual baik gambar atau
photograph harus memenuhi teknis tertentu. Misalnya, visual pada slide harus
jelas dan informasi yang ingin disampaikan tidak boleh terganggu oleh
elemen-elemen yang lain.[4]
Penggunaan media secara kreatif akan
memungkinkan audience (siswa) untuk belajar lebih baik dan dapat meningkatkan
performance mereka sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Arif Sadiman
(1986:86) mengungkapkan tiga model yang dapat dijadikan prosedur dalam
pemilihan media yang akan digunakan, yaitu:
1.
Model
Flowchart, model ini menggunakan sistem pengguguran (eliminasi)
dalam pengambilan keputusan pemilihan media.
2.
Model
Matrik, mengidentifikasi proses pengambilan keputusan
dalam pemilihan sampai seluruh kriteria pemilihan media.
3.
Model
Checklist, mempertimbangkan keputusan pemilihan sampai
seluruh kriteria pemilihan media.[5]
BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Pembelajaran yang efektif memerlukan perencanaan yang baik,
Media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran itu juga memerlukan
perencanaan yang baik.
Dari segi teori belajar, berbagai kondisi dan prinsip psikologis
yang perlu mendapatkan pertimbangan dalam pemilihan dan penggunaan media
pembelajaran adalah sebagai berikut:
1.
Motivasi.
2.
Perbedaan individual
3.
Tujuan
pembelajaran.
4.
Organisasi
isi.
5.
Persiapan
sebelum belajar.
6.
Emosi.
7.
Partisipasi
8.
Umpan balik.
9.
Penguatan
(reinforcement)
10. Latihan dan pengulangan.
11. Penerapan.
Mengingat begitu banyak media yang dapat kita gunakan dalam
pembelajaran Bahasa Arab, namun pada dasarnya kita dapat memilihnya dengan
memperhatikan kriterianya yang berkenaan dengan:
1.
Tujuan.
2.
Materi.
3.
Sasaran didik.
4.
Ketersediaan.
5.
Guru terampil
menggunakannya.
6.
Pengelompokan
sasaran.
7.
Mutu teknis.
Arif Sadiman mengungkapkan tiga model yang dapat dijadikan
prosedur dalam pemilihan media yang akan digunakan, yaitu: Model Flowchart,
Model Matrik dan Model Checklist
DAFTAR PUSTAKA
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta, Grafindo Persada,
2006.
Arief S. Sadiman, Media Pendidikan, Jakarta, PT Raja Grafindo
Persada, 2005.
Komentar
Posting Komentar